Indonesian Culinary Icon

Sosialisasi IKTI di STP Trisakti Jakarrta
Acara Sosialisasi 30 Ikon Kuliner Indonesia di STP Trisakti

Indonesian Culinary Icon atau Ikon Kuliner Indonesia adalah tiga puluh macam makanan tradisional Indonesia dari berbagai daerah, yang telah dipilih dan ditetapkan sebagai Ikon Kuliner untuk dipromosikan oleh Kemenparekraf di pasar global. Ketiga puluh ikon kuliner tersebut disusun langsung oleh para pakar dan praktisi kuliner Indonesia dan telah mulai diperkenalkan oleh Kemenparekraf sejak akhir tahun 2012.

Jenis makanannya cukup beragam, mulai dari makanan pembuka, menu utama, minuman, hingga aneka kudapan. Karena itu, dari tigapuluh ikon ini dapat disusun set menu ala Barat, sehingga bisa disajikan dalam jamuan negara atau jamuan istimewa, baik di dalam maupun di luar negeri.

Di antara ke tiga puluh kuliner tersebut, ada satu kuliner yang dijadikan pengikat dari kesemuanya, yaitu nasi tumpeng. Tumpeng dianggap paling mencirikan kekhasan makanan dan budaya Indonesia. Di samping kaya dengan filosofi, tumpeng juga dapat ditemukan di seluruh nusantara, terutama pada setiap acara peringatan, selain juga sangat menarik dalam penampilan maupun citarasa.

Kriteria pemilihan makanan tradisional untuk menjadi ikon ini antara lain adalah bahannya mudah didapat, baik di dalam maupun di luar negeri, makanan itu telah dikenal luas oleh masyarakat, dan ada pelaku profesional yang membuatnya selain ibu rumahtangga.

Saat ini kuliner Indonesia telah mulai dikenal hingga mancanegara. Namun kuliner Indonesia begitu banyak ragamnya, sehingga sulit untuk mendefinisikan mana yang memiliki kekhasan sebagai makanan Indonesia.

Dengan dijadikan ikon, maka Indonesia memiliki kuliner yang dapat ditampilkan di event nasional maupun internasional. Sehingga dengan demikian, makananan tradisional Indonesia menjadi lebih mudah dikenal di antara beragam kuliner dunia.

Selain alasan di atas, tujuan penetapan 30 ikon ini juga dengan maksud untuk melestarikannya. Karena itu, ketiga puluh ikon kuliner tersebut rencananya wajib diajarkan juga di sekolah pariwisata di seluruh Indonesia.

Demo masak Sate Lilit Bali dalam Acara Sosialisasi IKTI di STP Trisakti
Chef Vindex Tengker saat mendemokan Resep Sate Lilit Bali, salah satu masakan yang menjadi Ikon Kuliner Indonesia

Penetapan ikon kuliner ini juga tidak akan terhenti ada 30 macam kuliner ini saja. Nantinya, setiap destinasi wisata diharapkan memiliki ikon dan kuliner unggulan karena kuliner adalah bagian penting dari industri pariwisata.

Berikut ini adalah foto-foto dari beberapa kuliner yang menjadi bagian dari 30 IKTI, dan di akhir tulisan ini tercantum daftar 30 ikon kuliner tradisional Indonesia yang dipilih dari berbagai daerah. Seluruhnya terdiri dari makanan enak yang sudah dikenal luas.

Dawet atau cendol
Es Dawet Ayu Banjarnegara
Urap-urap
Urap Sayuran Jogyakarta
Sate Lilit
Sate Lilit Bali
Orak-arik buncis
Orak-arik buncis Solo
Nasi liwet
Nasi Liwet Solo
Sate Ayam
Sate Ayam Madura
Klapertart
Klapertart Manado
Sarikayo
Sarikayo Minangkabau
Bir Pletok
Bir Pletok Jakarta

Resep-resep dari ketiga puluh ikon kuliner ini juga telah diuji dan distandarkan, sehingga dapat dijamin ketepatan dan kelezatannya. Berhubung blog ini tidak memuat resep, bagi yang ingin tahu resep-resep selengkapnya dapat mengunjungi www.kumpulanresepmasakanindonesia.com. IN

The government of Indonesia, through the Ministry of Tourism and Creative Economy has determined 30 icons of Indonesia’s traditional culinary that will represent Indonesia to the global culinary scene. The aim is to support Indonesia’s tourism attraction. The 30 culinary icons are compiled and selected by the experts and practitioners of Indonesia’s culinary.

The name of the cuisine and the town of origin are:

1. Asinan Jakarta
2. Tahu Telur Surabaya
3. Soto Ayam Lamongan
4. Rawon Surabaya
5. Gado-Gado Jakarta
6. Urap Sayuran Yogyakarta
7. Orak-Arik Buncis Solo
8. Sate Ayam Madura
9. Sate Maranggi Purwakarta
10. Sate Lilit Bali
11. Nasi Kuning Jogyakarta
12. Nasi Goreng Kampung
13. Nasi Liwet Solo
14. Ayam Panggang Bumbu Rujak Jogyakarta
15. Ayam Goreng Lengkuas Bandung
16. Asam Padeh Tongkol Padang
17. Pindang Patin Palembang
18. Rendang Padang
19. Sayur Kapau Padang
20. Laksa Bogor
21. Serabi Bandung
22. Kolak-Pisang- Ubi Bandung
23. Sarikayo Minangkabau
24. Klappertaart Manado
25. Nagasari Jogyakarta
26. Kue Lumpur Jakarta
27. Lunpia Semarang
28. Es Dawet Ayu Banjarnegara
29. Bir Pletok Jakarta
30. Kunyit Asam Solo

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *