Resto Handayani Prima Matraman, Kuliner Jawa Otentik

Wisata Kuliner khas Surabaya di Jakarta

Restoran ini terletak di kawasan Matraman, yaitu di Jl. Matraman Raya no. 45, Jakarta Timur. Letaknya persis di tepi jalan raya Matraman, di seberang toko buku Gramedia. Berupa sebuah gedung dengan papan nama yang cukup besar sehingga mudah terlihat dari jalan raya. Tak jauh dari Halte Busway Tegalan.

Handayani Prima adalah restoran yang menyajikan masakan tradisional Indonesia, terutama masakan Jawa khas Surabaya. Restoran ini sudah ada sekitar tiga dekade lalu dan rasa masakannya sejak dulu telah dikenal otentik masakan Jawa.

2013-09-09 12.33.35
Nasi Campur ala Handayani

Kami datang sekitar pukul 11.30, saat restoran baru buka dan belum ada pengunjung yang lain. Begitu memasuki bagian dalam restoran, segera terasa suasana yang nyaman dan menenangkan. Rasanya begitu jauh dari berisiknya kendaraan yang lalu lalang di jalanan.

Meskipun termasuk restoran tua namun ruangannya sangat luas, bersih, ditata dengan apik, dan baik di lantai bawah maupun di lantai atas nampak lega. Kursi-kursinya menggunakan kursi dari bahan rotan yang khas dengan meja-meja bulat. Tersedia juga meja-meja besar yang muat untuk makan bersama satu keluarga besar.

Ruangan bagian dalam Restoran Handayani
Suasana Restoran Handayani

Tersedia juga ruangan khusus yang dapat di booking bagi yang ingin mengadakan rapat. Juga ada panggung yang dapat digunakan untuk pertunjukan musik.

Nampaknya restoran ini cocok untuk berbagai acara, seperti ulang tahun, arisan keluarga, buka puasa bersama, halal bihalal, reuni, meeting dengan kolega, corporate gathering, atau sekedar makan berdua dengan pasangan. Meskipun harganya cukup mahal, namun sesuai dengan cita rasa masakan dan juga penampilan masakannya.

Menu yang disajikan di restoran ini cukup beragam. Dalam daftar menu, tersedia aneka masakan tradisional Indonesia, mulai dari soto ayam, sop buntut, nasi goreng, sate ayam, sate kambing, gado-gado, rawon, hingga ikan gurame bakar/goreng, juga gurame asem manis dan bistik lidah yang banyak digemari pengunjung restoran.

Restoran ini memiliki masakan jamur enoki goreng yang krispi dan gurih. Juga tersedia aneka pilihan hidangan lain yang tak kalah enak, seperti sate sum sum, nasi campur, rujak cingur, kangkung crispy, udang telur asin, hingga tahu telur.

Jangan lewatkan menunya yang unik seperti kol nenek, pepes peda tumis lorjuk, pecel ontong pisang, hingga tumis kecipir. Masakan seperti ini tentunya sudah tergolong sudah langka disajikan di restoran, dan tidak bisa sering kita temukan di Jakarta.

Begini tampilan satenya, rujak cingurnya ditutup kerupuk
Begini tampilan satenya, rujak cingurnya ditutup kerupuk

Pada umumnya masakan di restoran ini dimasak dengan baik. Penyajiannya juga begitu menarik, jadi tak perlu khawatir salah memilih. Masakan terkenal khas Surabaya seperti rujak cingur di sini disajikan begitu nikmat.

Rujak cingurnya muncul dengan buah dan sayuran segar yang dibalut bumbu rujak petis nan mantap pada tingkat kepedasan yang pas. Rasanya tak perlu jauh-jauh ke Surabaya jika ingin mencicipi rujak cingur yang enak.

Masakan nasi campurnya juga tak kalah lezat. Nasi campur di restoran ini disajikan dengan daging ayam, sambal, dan udang gulung, rasanya sungguh nikmat.

Jus lobi-lobi terletak di sebelah kiri
Jus lobi-lobi terletak di sebelah kiri

Pilihan minumannya juga cukup menarik, diantaranya es alpokat, es sirsak, es kopyor, dan salah satunya belum tentu bisa kita temukan di setiap restoran, yaitu jus lobi-lobi. Rasanya manis dan segar, membuat kita ingin terus meminumnya.

Sedangkan dessertnya yang cukup favorit di sini adalah rujak gobet. Meskipun disajikan agak manis, tetap saja menarik dinikmati di siang hari. Tambahkan saja sedikit sambal jika masih kurang pedas.

tumis lorjuk
tumis lorjuk

Pada umumnya, pelanggan restoran ini berasal dari instansi-instansi pemerintah dan kalangan perbankan. Seringkali mereka mem-booking ruangan untuk mengadakan rapat atau acara internal perusahaan.

Ada juga pengunjung yang datang sekedar untuk bernostalgia, mengenang masa lalu yang indah. Konon Bapak Sby juga pernah datang bersama keluarga, dan menyukai makanan yang disajikan.

Gurame goreng
Gurame goreng

Bila Anda pecinta masakan tradisional Indonesia, khususnya masakan Surabaya, jangan lewatkan restoran ini. Hampir semua masakan yang disajikan rasanya relatif enak, tentunya enak di sini dalam arti khas masakan Jawa.

Pelayanannya juga lumayan cepat, ada puluhan karyawan restoran berseragam batik yang bertugas dengan baik dan melayani pengunjung dengan ramah.

Tidak sia-sia datang kemari, meskipun harus menempuh kemacetan di Jatinegara demi menemukannya. Tapi bagi  yang posisinya tak terlalu jauh namun tak sempat datang langsung pun tak perlu khawatir, karena restoran ini menerima juga delivery order(IN)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *