Resto Jejamuran, Menu Lezat Serba Jamur

Kuliner Enak Jogyakarta

Bagi vegetarian atau penikmat makanan yang enak dan sehat, restoran ini tentu punya daya tarik tersendiri. Pasalnya, masakan yang disajikan di sini selain enak juga seluruhnya terbuat dari bahan dasar jamur, makanan yang sudah lama diketahui banyak manfaatnya bagi kesehatan.

2013-08-10 11.56.44
Bakso jamur, jamur goreng krispi, jamur asem manis

Apalagi harga makanannya cukup bersahabat bagi kantong masyarakat pada umumnya. Porsinya pun pas, tak kurang tapi juga tak berlebihan. Namun cita rasa makanannya hampir semuanya enak, pilihan menunya pun sangat banyak, dengan jenis-jenis masakan yang hampir seluruhnya menggugah selera.

Tentunya kita sebagai pengunjung dituntut untuk lebih bijak memilih makanan yang diinginkan. Berawal dari mencoba satu dua masakan, akibat rasa penasaran bisa saja berakhir menjadi memesan aneka jenis masakan, sehingga ujung-ujungnya tanpa terasa jadi merogok kocek cukup dalam.

Biasanya semua berawal dari pertanyaan sederhana, seperti …… Kayak apa ya rasanya kalau sate atau tongseng itu dibuat dari jamur? Hihi … Lalu berlanjut ke jenis masakan lainnya dan begitu seterusnya …

Tongseng jamur dengan sate jamur di Resto Jejamuran
Tongseng dan sate jamur

Tetapi tidak apa-apa juga bukan, jika kita merasa puas dengan semua masakan yang disajikan maupun merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan? Keluar uang juga tetap bahagiaa rasanya ….

Masakannya Semua dari Jamur

Bahan utama masakan di Restoran Jejamuran ini, semuanya terbuat dari beberapa jenis jamur, diantaranya yaitu jamur merang, jamur kancing, jamur tiram, jamur shiitake, jamur portobello, hingga jamur king oyster.

Dengan kreatif, jamur-jamur  tadi diolah menjadi berbagai masakan lezat, terutama yang biasanya diolah dari bahan aneka daging, seperti sate jamur, tongseng jamur, rendang jamur, semur jamur, jamur krispi, jamur penyet, jamur panggang, jamur asem manis, dsb., hingga cemilan seperti lumpia jamur, dan sayuran seperti karedok jamur dan sup jamur.

jamur goreng krispi, karedok jamur, dan jamur asem manis
jamur goreng krispi, karedok jamur, dan jamur asem manis

Sedangkan aneka minuman yang tersedia diantaranya yaitu mint tea (teh dari daun mint segar), lime tea, wedang jejamuran, carica squash, kunyit asem, beras kencur, aloevera, dsb. Semuanya menarik untuk dicoba.

Restoran ini terletak di Jalan Niron, Pandowoharjo, Sleman. Jadi bila Anda sedang dalam perjalanan dari Magelang menuju Jogya atau sebaliknya, pasti akan mudah menemukan papan namanya di pinggir jalan, disertai dengan penunjuk arah.

Restoran Jejamuran
Bagian depan restoran

Meskipun dari jalan besar kita harus keluar jalur dulu dan masuk agak ke dalam, tetapi restorannya sendiri termasuk besar, dengan bagian dalamnya yang nampak bersih, sangat luas, dan nyaman. Tempat parkirnya pun luas. Jadi tak perlu khawatir tak mendapatkan tempat parkir,

Cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga

Bila Anda datang saat jam makan siang, biasanya restoran sudah ramai dengan pengunjung. Tapi jangan khawatir, karena kita bisa memesan tempat dulu dan duduk menunggu di situ sambil melihat atau berbelanja aneka produk makanan dari jamur juga bermacam-macam minuman, hingga tersedia meja kosong.

Bagian dalam restoran jejamuran sangat luas
Bagian dalam restoran sangat luas

Kalau ingin aman dan pasti langsung mendapatkan meja, sebaiknya pesan sebelumnya lewat telpon. Atau datang setidaknya 30-60 menit sebelum jam makan siang.

Makan di sana saat jam-jam makan cukup menyenangkan. Pelayanannya ramah dan tetap cepat. Selain itu, ada banyak hal yang bisa dilakukan pengunjung di dalam restoran, sehingga tidak perlu khawatir anak-anak kecil akan rewel sementara menunggu pesanan makanan datang.

Pengunjung bisa melihat berbagai jenis jamur yang dibudidayakan di situ, termasuk berfoto ria. Selain itu, di restoran juga tersedia booth foto dengan nama restoran yang cukup besar untuk selfie para pengunjung maupun untuk foto bersama.

Tempat pengunjung melihat aneka jamur, bisa juga untuk tempat berfoto bersama
Aneka jamur di Resto Jejamuran, bisa juga untuk tempat berfoto bersama

Di tengah restoran juga tersedia kolam ikan yang kecil namun bentuknya memanjang dan berfungsi untuk terapi ikan. Jadi sambil menunggu pesanan, pengunjung bisa melakukan terapi ikan secara gratis.

Mushola yang cukup lega, lengkap dengan tempat berwudhu dan  toilet pun tersedia tak jauh dari situ, sehingga pengunjung yang muslim tak akan terlambat menunaikan ibadah saat tiba waktunya sholat.

Kolam terapi ikan di resto jejamuran
Kolam kecil, tempat terapi ikan gratis

Sewaktu kami datang ke sana, kami melihat serombongan santri yang sedang mengikuti pelatihan membuat jamur. Jadi bagi yang ingin bisa membudidayakan jamur sendiri rupanya juga tersedia fasilitas belajar.

Jejamuran nampaknya memang benar-benar all about jamur, termasuk membuka kesempatan franchise bagi mereka yang ingin membuka restoran jamur.

Satu hal lagi yang jangan sampai dilupakan, di dekat meja kasir juga tersedia berbagai produk makanan dari bahan dasar jamur yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh, misalnya kripik jamur, rendang jamur kalengan, dan lain-lain. Juga minuman jadul sarsaparila. Jadi sambil makan, kita juga bisa berbelanja oleh-oleh untuk keluarga di rumah (IN)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *