Categories
Kuliner

Gule goreng: gule tapi digoreng

 

Gule goreng Solo
Gule goreng dengan kuahnya

Sekilas, warungnya nampak biasa-biasa saja, tak jauh berbeda dengan warung sate kambing pada umumnya. Namun warung sate milik Pak Samin ini agak berbeda. Selain tersedia sate kambing, sate buntel, gule kuah, tongseng, dll, ada satu menu yang tak biasa, yaitu gule goreng atau sering disingkat menjadi gulgor.

Bagi yang baru mendengar mungkin bingung, kok gule digoreng? Bukannya gule itu makanan bersantan kental? Tapi memang di sinilah uniknya kuliner ini.

Gule goreng Pak Samin Solo

Di warung ini, mula-mula gulenya memang dimasak seperti biasa, tetapi kemudian isinya yang berupa jeroan kambing dipisahkan dari kuahnya, ditiriskan, lalu digoreng hingga menjadi garing dan krispi.

Konon, untuk bisa membuat gule bisa digoreng menjadi garing dan krispi begitu, ada perlakuan khusus pada jeroan kambing sebelum dimasak menjadi gule. Salah satunya yaitu dengan memotong-motong dulu jeroan kambingnya, sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.

Selanjutnya jeroan dimasak dengan santan encer hingga empuk. Setelah empuk baru dicampur dengan santan kental dan bumbu. Penggunaan tungku berbahan bakar arang yang tradisional tentu juga mempengaruhi karena panas yang dihasilkan ebih intens.

Setelah digoreng, selanjutnya gule pun disajikan terpisah dengan kuahnya dan dinikmati dengan nasi putih. Rasanya? tentu saja gurih, maknyus, dan mantap. Karena bumbunya masih tetap bumbu gule hanya ditambah sedikit garam.

Ketika masih dalam bentuk gule kuah saja sudah nikmat rasanya, apalagi setelah digoreng. Maklum Pak Samin hanya menggunakan daging kambing muda untuk bahan gulenya. Bumbu gulenya juga sedap. Menurut para pelanggan, rasa gulenya juga konsisten sejak warung mulai buka hingga sekarang.

Setelah berubah menjadi gule goreng yang garing dan krispi begini, bumbunya benar-benar sudah meresap. Sehingga dimakan dengan nasi putih dan kuahnya begituĀ  sedap rasanya. Bagi yang ingin menikmatinya sebagai camilan pun tetap sama nikmatnya.

 

gule goreng solo
Gule goreng disajikan dengan kuah dan nasi putih

Gule goreng yang terletak di Jl. Ronggowarsito no. 10, Kampung Baru, Solo ini merupakan cabang dari warung sate kambing Pak Samin di daerah Ngarsopuro.

Pak Samin telah mulai membuka warung sate dan menjual gule goreng ini sejak tahun 1967, hingga saat ini gule gorengnya masih tetap disukai orang. Warung Sate Pak Samin ini selalu saja ramai, terutama di hari-hari libur.

Para pelanggan umumnya juga sudah tahu bahwa mereka harus datang seawal mungkin jika ingin menikmati gule goreng. Jadi kalau datangnya kesiangan biasanya menu istimewa ini sudah habis.

Menu gule goreng ini, di Solo memang hanya tersedia di warung sate Pak Samin dan tidak dijual di warung-warung sate yang lain. Mulai penasaran? Mari … jadwalkan waktu untuk jalan-jalan dan kulineran di Solo … (perlu diingat juga bahwa jeroan adalah salah satu makanan yang banyak mengandung kolesterol). IN

Gule Goreng
Gule goreng di warung Sate Kambing Pak Samin cabang Ngarsopuro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *